Rabu, 02 September 2015

Tutorial Cara Instal Windows 7 (Untuk Pemula)

Kali ini gue mau ngasih tau cara menginstal windows 7.khususnya buat pemula yang mau belajar biar bisa menginstal. sangat mudah sekali,setelah baca postingan ini pasti kalian langsung jadi jago menginstal komputer deh !
Ok langsung aja gue kasih tutorialnya,tapi ada beberapa yang harus kalian persiapkan :

1. CD instalan windows 7
2. DVD internal (untuk pengguna PC) atau DVD External (untuk pengguna NoteBook / Laptop)
3. Cemilan (bila perlu. karena memakan waktu yang lama hehehe)

Tapi sebelum kalian menginstal. kalian harus menyeting terlebih dahulu sistem bios-nya. Untuk masuk ke bios , kita harus menekan tombol keyboard ketika komputer dihidupkan secara cepat, karena pesan yang muncul hanya sebentar. Biasa nya tombol yang di pencet adalah :
F2, F8, F10, F12, dan DEL , tergantung dari Komputer atau laptop masing-masing

Dan inilah Tampilan awal dari bios :













Setelah masuk Bios,Pilih lah menu Boot. dan setelah itu pilih 1st boot device dan rubah optionnya ke CDROM (atau pilih nama merek CD/DVDROM yang kalian gunakan). contoh seperti ini :













Setelah selesai di rubah,kalian pencet tombol F10 pada keyboard dan pilih Yes untuk Save setingan nya.contoh seperti ini :













Setelah selesai seting Bios masukan CD intalan windows 7 ke CD/DVDROM.jika komputer dinyalakan dan terdapat bacaan seperti gambar di bawah ini :












segera lah kalian pencet tombol sembarang saja (boleh Spasi atau tombol apa saja yang terdapat di keyboard),kalau berhasil maka akan muncul gambar seperti ini :















Setelah Loading selesai. maka akan muncul tampilan seperti ini :















Setelah Muncul gambar seperti di atas. langsung aja tekan tombol Next (tanpa merubah 3 kolom di atasnya).lalu akan muncul seperti ini.lalu Klik Install Now















Setelah itu akan muncul seperti gambar di bawah. lalu centang kolom yang gue lingkari dan setelah itu Klik tombol Next :















Lalu muncul lagi menu seperti berikut,dan Pilih menu Custom(Advanced) seperti yang gue lingkari:















setelah itu muncul partisi hardisk kalian seperti ini (contoh gambar di ambil dari google,jadi partisi hardisk tergantung ukuran dan hardisk yang kalian gunakan ) :















Lalu pilih partisi yang kakan di instal oleh windows 7,contoh gambar di atas memlilih pastisi ke-2 untuk di instal windows 7.lalu pilih tombol Format untuk membersihkan partisi agar jadi kosong, dan setelah selesai klik tombol Next lagi.
setelah selesai melakukan pemilihan parisi.maka akan muncul tempilan seperti ini :















setelah muncul tampilan seperti ini tunggulah sekitar kurang lebih 30 menit sampai semua sistem tercentang.tampilan ini membuktikan sedang berjalannya proses penginstalan.setelah semua tercentang maka komputer kana merestart dengan sendirinya,tapi jangan kaget.itu menandakan bahwa proses instalasi sudah selesai.
Setelah komputer hidup kembali maka akan muncul tampilan seperti ini :















lalu setelah itu akan masuk ke tahap selanjutnya,yaitu memasukan nama kalian atau nama yang akan di jadikan sebagai nama komputer kalian,lalu Klik tombol Next. Contoh seperti ini :















Pada kolom berikutnya. yaitu kolom password (jika kalian mau mengunci komputernya silahkan isi.tapi kalau ngga tinggal langsung pilih tombol Next).contoh:















isi kolom ini dengan serial key yang tertera di CD Windows 7 (jika tidak ada serial key.bisa cari di google) lalu Klik Lagi tombol Next (jangan di centang kolom automatic nya).contoh:















lalu muncul lagi tampilan seperti ini. pilih aja kolom Ask Me Later :















terakhir kalian seting waktu dan tanggalnya (termasuk zona waktunya.pilih yang ada jakartanya untuk wilayah indonesia)lalu Klik lagi tombol Next.contoh gambar:















setelah semua beres akan muncul gambar seperti ini:















Dan 1.2.3 TADAAAAAAAAAAAAAA !!!!!!!! ini lah tampilan setelah berhasil melakukan proses penginstalan :















kalau beres seperti gambar di atas, tinggal kalian tambahkan aplikasi yang sesuai kebutuhannya masing-masing.dan SELESAI

Itu lah cara mudah untuk menginstal windows 7 pada komputer atau laptop kalian khususnya para pemula.semoga dengan tutorial ini kalian bisa mengerti dan mahir untuk menginstal komputer pribadi atau membuka bisnis instal komputer.

sampai juma lagi di tutorial Seputar TI selanjutnya

0 komentar:

Posting Komentar