Rabu, 02 September 2015

Apa Aja Sih Komponen Komputer itu? Ini Lah Komponennya !

Oke kali ini gue mau ngasih tau ke kalian semua apa aja sih komponen-komponen pada komputer?khususnya untuk pemula yang baru atau mengenal komputer. Komponen komputer terbagi menjadi 3 bagian,yaitu :
1. Software
2. Hardware
3. Brainware

Pengertian dari ke-3 komponen tersebut adalah sebagai berikut :
1. Software atau perangkat lunak adalah program-program komputer yang berfungsi untuk menjalankan suatu pekerjaan dan program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti komputer. Contoh Software : MS Office,Anti Virus,Media Player,Photoshop,dll

2. Hardware atau perangkat keras adalah komponen yang dapat diraba dan dilihat yang membentuk suatu kesatuan (Terlihat bentuk dan wujudnya). Contoh Hardware : Monitor,Keyboard,Mouse,Spiker,dll

3. Brainware adalah orang-orang yang menggunakan komputer. Seperti sistem analis, programmer, operator, user, dll


Untuk Hardware sendiri di bagi lagi menjadi 3 bagian,yaitu : 
1. Input
2. Proses
3. Output

3 bagian di atas mempunyai perangkatnya tersendiri,yaitu :
1. Input 
Pada bagian Input komponen yang harus kita ketahui adalah :
1.1. keyboard 

Keyboard berfungsi sebagai penginputan data dari luar dengan cara diketikkan pada keyboard. Keyboard biasanya menyerupai mesin ketik
manual (untuk susunan peletakkan hurufnya). Saat ini dipasaran telah beredar keyboard dengan mengadopsi sitem wireless. Dan biasanya harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan keyboard biasa. Jenis-jenis keyboard di pasaran saat ini untuk informasi lebih detailnya adalah: Serial, PS/2, USB dan wireless.

1.2. Mouse 

Mouse sendiri berfungi untuk mengarahkan pointer pada layar di monitor  komputer. Dengan keberadaan mouse maka akan membuat kita semakin mudah untuk mengatur posisi pointer sesuai dengan keinginan kita.

2. Proses
Pada bagian Pemrosesan, komponennya iyalah:
2.1. RAM (Random Access Memory)
Ram adalah komponen komputer yang berfungsi sebagai penyimpanan data yang  bersifat sementara yang dapat kita akses secara acak ketika kita menjalankan program komputer.

2.2. Prosesor

Prosesor dapat di sebut juga sebagai CPU (Central Processing Unit) adalah otak dari segala pengoprasian.Fungsi utamanya adalah eksekutor dari semua perintah yang kita berikan pada komputer (bisa di sebut Otaknya Komputer)

2.3. Motherboard
Motherboard atau disebut papan induk merupakan tempat untuk memasang seluruh komponen komputer seperti RAM,Prosesor,VGA Card, Sound Card,Lan Card, dll. papan induk ini memiliki fungsi yang sangat penting dalam sebuah perangkat komputer.

2.4. VGA Card
VGA Card Sering disebut kartu video atau kartu grafis. VGA ini berguna untuk mengolah tampilan (display) pada layar komputer kita.Kartu video sangatlah penting karena menentukan kualitas gambar.

2.5. Power Supply

Power Supply ini berfungsi sebagai sumber energi yang di gunakan pada sebuah perangkat komputer

3. Output
Pada sistem Ini di bagi menjadi 3 bagian, yaitu:
3.1. Output yang berupa visual,atau tampilan gambar pada layar monitor
3.2. Output yang berupa Suara yang di hasilkan dari sound Card ke Spiker
3.3. Output yang berupa cetakan,yaitu hasil dari kinerja alat printer

Untuk Sofwarenya seniri pun di bagi menjadi beberapa jenis, yaitu:
A.Sistem operasi
Sistem operasi adalah software yang berfungsi mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehinga dapat saling berinteraksi. Tanpa sistem operasi, komputer
tidak dapat berfungsi sama sekali. Contoh: DOS,Unix, Linux, Novell, OS/2, Windows, Mac OS, dll.

B.Program utility
Program utility adalah software yang berfungsi untuk mengisi kekurangan dari sistem operasi. Contoh: Norton utility, Scandisk, PC Tools, dll.

C.Program apllikasi
Program aplikasi adalah program yang hanya melakukan pekerjaan tertentu. Biasanya program aplikasi dibuat oleh seorang programmer sesuai permintaan dan kebutuhan seseorang atau lembaga atau perusahaan untuk keperluan intern.

D.Program paket
Program paket adalah program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh banyak orang untuk berbagai kepentingan. Contoh: Microsoft Office, Adobe Photoshop, Macromedia Studio, Open Office, dll.

E.Bahasa Pemrograman
Adalah software khusus yang digunakan untuk membuat program komputer, seperti sistem operasi, program paket, program aplikasi, dll. Bahasa pemrograman dibagi menjadi tiga tingkat :
- Low Level Language, bahasa pemrograman ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya
menggunakan bahasa mesin.
- Middle Level Language, bahasa pemrograman tingkat menengah ini instruksinya sudah mendakati bahasa sehari-hari, tapi masih sulit untuk dimengerti. Contoh: Assembler, ForTran.
- High Level Language, bahasa pemrograman tingkat tinggi menggunakan bahasa sehari-hari sehingga mudah dimengerti. Contoh: BASIC, Pascal, C, dll.


Itulah Komponen-komponen yang berada pada komputer kalian, semoga postingan ini bermangfaat dan semoga kalian bisa memahami apa saja komponen komputer tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar